2 Cara Mematikan Update Otomatis Di Windows 10

Microsoft menyematkan fitur update otomatis di sistem operasi Windows besutannya, salah satunya Windows 10. Hal ini dilakukan untuk menjamin sistem keamanan dalam OS Windows milik pengguna bisa tetap aman.

Namun, fitur update otomatis tersebut terkadang menganggu pengguna. Sebab, fitur updateotomatis di Windows 10 bisa berjalan kapan saja tanpa kita duga.

Apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), misalnya, maka update otomatis ini tentunya bisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya juga “memaksa” pengguna untuk me-restart komputer. Saat di-restart, komputer biasanya butuh waktu lebih lama untuk menyala kembali.

Nah, pengguna juga bisa mematikan fitur update otomatis di Windows 10 ini.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni menangguhkan update otomatis Windows 10 untuk sementara dan mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Cara menunda update otomatis di Windows 10

/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.

/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.

Perlu dicatat, jika Anda menggunakan cara ini, Anda hanya bisa mematikan fitur automatic updates di Windows 10 ini selama 35 hari saja.

Setelah lewat dari tenggat waktu tersebut, maka Anda diwajibkan untuk memperbarui komputer Anda, sebelum Anda bisa menonaktifkan fitur automatic updates kembali.

2. Cara mematikan update otomatis Windows 10 permanen

Selain menunda selama beberapa hari, fitur automatic updates di Windows 10 sendiri sejatinya bisa dimatikan secara permanen. Namun, caranya agak lebih sulit dibandingkan cara di atas.

Sehingga, Anda perlu mengikuti dan mengamati langkah-langkah untuk mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen ini secara seksaman supaya tidak bingung.

Baca Juga  Xiaomi 12T Meluncur Di Indonesia Sebentar Lagi?

Lantas, bagaimana caranya? Simak cara lengkap mematikan update otomatis di Windows 10 secara permanen berikut:

/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan automatic updates Windows10.

/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10 secara permanen.

Selesai, fitur update otomatis di Windows 10 pada komputer Anda pun sudah dimatikan secara permanen.

Nah apabila ingin melakukan pembaruan atau menyalakan kembali fitur automatic updates di Windows 10, Anda bisa langsung kembali mengunjungi menu “Windows Update” yang ada di “cara menunda update otomatis Windows 10 tadi” dan klik “Check for updates”.

Penting untuk diketahui bahwa update Windows 10 kerap berisi pembaruan penting untuk mengatasi bug atau celah keamanan.

Karena itu, jikapun cara otomatis ditangguhkan atau dimatikan, jangan lupa untuk melakukan update rutin secara manual dengan “Check for updates” tadi.