Status Pesan Yang Dikirim Dari Google Messages Lebih Mirip Dengan WhatsApp

Google sedang menguji tampilan baru aplikasi perpesanan buatannya, Google Messages. Google Messages sendiri adalah aplikasi perpesanan dengan layanan komunikasi yang kaya atau teknologi RCS.

RCS berfungsi sama seperti aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp. RCS dikirim menggunakan data non-SMS dan pesan peringatan/status dikirim dan dibaca.

Nah, sebelumnya, indikator pesan di Google Messages menggunakan kata “terkirim” di bawah balon pesan terkirim (chat bubble). Saat pesan telah dibaca, pemberitahuan yang menyatakan ‘Baca’ muncul.

9to5Google Menguji tampilan baru Pesan Google Singkatnya, membaca, menulis, dan mengirim pesan dalam format Word yang masih dalam perjalanan. Dalam pengalaman demo ini, notifikasi status pesan tidak lagi menggunakan kata-kata, melainkan tag seperti ikon tag atau WhatsApp.

Tag atau pesan status seperti ini tidak terlalu unik untuk whatsapp aero. Status pesan yang dikirim oleh aplikasi perpesanan Signal juga ditampilkan dalam bentuk konfirmasi. Hal yang sama berlaku untuk Telegram.

Nah, sepertinya Google ingin menggunakan notifikasi atau pesan status yang ramah pengguna daripada kata ‘sent’ dan ‘read’.

Status pesan terkirim ditunjukkan dengan tanda centang dalam lingkaran. Tanda centang dalam lingkaran menunjukkan bahwa pesan telah terkirim, tanda centang dalam lingkaran menunjukkan bahwa pesan telah diterima oleh penerima, dan tanda centang dalam lingkaran menunjukkan bahwa pesan telah dibaca menurut sumber

Tanda centang atau status pesan berlaku untuk obrolan pribadi dan grup.

Perubahannya sangat mirip dengan platform perpesanan instan lainnya, salah satunya adalah WhatsApp. Indikator status kirim dan baca juga ditunjukkan dengan jumlah tag dan warna yang ditampilkan.

Ditulis oleh www.kultural.id pada Kamis, 3 November 2022, penggunaan tag sebagai indikator pesan terkirim dan terbaca sudah menjadi hal yang lumrah.

Baca Juga  Kode Redeem PUBG Mobile Terbaru, Skin Kelinci Putih Gratis

Namun, belum diketahui kapan Google akan meluncurkan layar baru secara merata ke semua pengguna Google Messages. Kemampuan untuk menampilkan notifikasi atau status obrolan baru di Google Messages akan segera hadir.