Ini Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Download Foto

Chat WA – Foto dari WhatsApp dapat digunakan untuk percakapan selain SMS, serta melakukan panggilan dan mengirim data berupa foto, video, dan dokumen tertentu.

Namun, hal paling populer tentang WhatsApp adalah menyematkan gambar dalam percakapan. Kedua gambar tersebut dapat dimasukkan dalam bentuk foto, screenshot, atau ilustrasi untuk membuat percakapan lebih bermakna. Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat mengunduh gambar dari obrolan WhatsApp?

Gambar WA Chat tidak dapat diunduh dan tidak dapat diprediksi.

WhatsApp Dibatasi atau Diblokir

Jika Anda tahu sekitar Rabu (22 Mei 2019) Anda tidak akan bisa mengirim video atau foto menggunakan WhatsApp hingga Anda membaca artikel ini. Mengunduh konten multimedia tidak mungkin, belum lagi transfernya.

Susahnya download gambar terutama dari chat WA sebenarnya bukan masalah teknis. Juga, itu bukan disebabkan oleh kesalahan dalam pengaturan aplikasi. Secara khusus, alasan mengapa gambar tidak dapat diunduh dari WA Chat Rabu lalu adalah karena pemerintah Indonesia telah menerapkan pembatasan akses.

Pembatasan akses ini bukan blok lengkap. Jadi kamu tetap bisa berkirim pesan teks menggunakan WA. Mentransfer dan mengunduh foto dan video saja tidak mungkin dilakukan sama sekali.

Alasan pemblokiran juga dijelaskan pada konferensi pers kemarin oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran berita palsu atau fake news yang biasanya disebarkan dalam bentuk foto atau video. Apalagi dalam situasi rentan setelah tidak puas dengan pengumuman hasil Pilpres 2019.

Sementara itu, Anda dapat menggunakan aplikasi perpesanan instan lainnya sebagai alternatif. Misalnya Telegram Anda dapat mengunduh untuk Android dari tautan ini atau untuk iOS dari tautan ini.

Baca Juga  Status Pesan Yang Dikirim Dari Google Messages Lebih Mirip Dengan WhatsApp

Server WhatsApp down

Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah server WA sedang down. Tidak semua aktivitas bisa dilakukan secara otomatis melalui WA jika server sedang down. Termasuk unduhan gambar dalam obrolan.

Untungnya, ini jarang terjadi, dan ketika itu terjadi, biasanya tidak berlangsung lama. Terakhir kali WA down pada Maret 2019. Gejala yang dirasakan pengguna saat itu tiba-tiba mengirim pesan dengan sangat lambat atau menunggu lama. Mengirim foto dan video juga memiliki masalah yang mirip dengan situasi saat ini di mana pemuatan lambat dan transmisi tidak memungkinkan sama sekali.

Tentu solusi WA down adalah dengan beralih menggunakan layanan yang berbeda untuk sementara waktu. Misalnya, Anda dapat menggunakan Telegram yang disebutkan di atas atau mencari aplikasi lain. Anda tidak memiliki kendali di sini. Anda bisa menunggu WA untuk memperbaiki server itu sendiri dan kemudian menggunakannya kembali.

Baca Juga:

Pernahkah Anda melihat postingan WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau gambarnya buram? Foto atau video yang ditransfer melalui WhatsApp mungkin tampak buram jika WhatsApp tidak lagi dapat ditemukan di penyimpanan perangkat atau kartu SD Anda.

Ini biasanya terjadi ketika foto dihapus dari kartu SD perangkat atau ponsel (HP) Anda. Setelah Anda mengunduh gambar, Anda tidak dapat mengunduh gambar atau video multimedia lagi.

Bagaimana jika Anda membutuhkan foto atau video tertentu? Suka atau tidak, Anda harus meminta pengirim untuk mengirim ulang foto tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apakah gambar telah diunduh dan disimpan dengan benar.

Lebih aman untuk mengatur ruang penyimpanan pada kartu SD. Disarankan untuk memasukkan kartu SD ke dalam alat sehingga data multimedia yang diunduh secara otomatis disimpan ke kartu SD.

Baca Juga  Google Pixel 7 Dan Pixel 7 Pro Adalah Ponsel Android Pertama Yang Mendukung Aplikasi 64-bit.

Baca Juga : Cara Melihat Status Teman di WhatsApp Tanpa Diketahui Pembuatnya

Pengaturan pengunduhan multimedia

Saat Anda bergabung dengan grup WhatsApp, anggota grup Anda sangat sering mengirim video atau foto berukuran besar.

Jika ini mengganggu Anda karena menghabiskan banyak data, Anda dapat mengatur opsi unduhan untuk tidak mengunduh file dan video secara otomatis.

Langkahnya masuk ke menu Setting lalu tap Data usage. Di tab Media Auto Download, pilih opsi yang Anda inginkan saat roaming, saat menggunakan data seluler, atau saat terhubung ke WiFi.

Setiap dokumen dapat dipilih berdasarkan jenis unduhan atau diatur untuk tidak diunduh sama sekali.

Baca: Selain WhatsApp, Ada 5 Aplikasi Obrolan Dengan Keamanan Enkripsi End-to-End.

Simpan gambar dari WhatsApp

Anda dapat mencegah kehilangan gambar dengan menyesuaikan pengaturan untuk mencegah data gambar hilang dalam waktu lama. Yang perlu Anda lakukan adalah mencadangkan data Anda untuk menghindari kehilangan konten Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa saat mencadangkan data Anda:

Anda perlu menambahkan akun Google atau iCloud ke ponsel Anda.

Pastikan akun Google Drive atau akun iCloud Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan cadangan.

– Untuk pengguna Android, pastikan Anda telah menginstal aplikasi Layanan Google Play di ponsel baru Anda. Android 2.3.4 series atau lebih tinggi harus menginstal Layanan Google Play.

– Koneksi jaringan yang berbeda dapat digunakan untuk backup data yang konsisten. Misalnya, jika Anda tidak dapat mencadangkan WhatsApp melalui jaringan data seluler, coba sambungkan ponsel Anda ke Wi-Fi.

Baca Selengkapnya: 5 Aplikasi Chat dari LINE ke BBM Tersedia untuk iOS dan Android

Jika Anda ingin selalu mengakses foto Anda di WhatsApp, Anda dapat melihat tips dan langkah-langkah pengaturan di WhatsApp.

Baca Juga  Cara Menggabungkan Video Tanpa Aplikasi

Bisakah saya mengunduh gambar dari Obrolan WA sekarang?