Apakah IMac Baru Akan Menggunakan Chip M3 Apple Yang Dirilis Tahun Ini?

Menurut laporan baru-baru ini oleh Koresponden Teknologi Bloomberg Mark Gurman, Apple sedang mempersiapkan iMac baru yang diperkirakan akan menampilkan chip M3.

Menurut prokompim-subang.id, iMac akan menampilkan ukuran layar 24 inci yang sama dengan pendahulunya, serta chip M3 yang lebih bertenaga dalam proses 3 nanometer.

Mengutip Senin (6 Maret 2023) The Verge, iMac baru diperkirakan tidak akan diproduksi secara massal setidaknya selama tiga bulan, tetapi masih dapat mulai dikirimkan akhir tahun ini.

Gorman mengatakan iMac baru masih dalam “pengembangan lanjutan” dan Apple “sedang melakukan pengujian produksi perangkat”.

Detail lain yang diungkapkan Gorman adalah bahwa beberapa komponen internal iMac mungkin “dipindahkan dan didesain ulang” dan bahwa proses produksi untuk memasang dudukan iMac ke layar “akan berbeda”.

Mengutip 9to5mac, Gurman melaporkan bahwa iMac baru akan lebih bertenaga dengan chip Apple Silicon M-Series yang diperbarui.

Rumor yang sebelumnya disampaikan oleh Gurman juga menyebutkan bahwa iMac baru dengan chip M3 akan dirilis pada tahun 2023. Berita ini juga dikonfirmasi oleh sumber independen 9to5mac.

Dalam laporan tersebut, Gurman mengulangi prediksinya bahwa komputer iMac baru akan menjadi “salah satu perangkat berbasis M3 pertama perusahaan”.

Mirip dengan peluncuran M2 di Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun lalu, ada kemungkinan M3 bocor di sini pada bulan Juni, sebelum iMac terbaru dirilis nanti.

Gurman belum mengatakan kapan iMac baru akan dirilis. Namun berdasarkan informasi sebelumnya, diperkirakan perangkat baru Apple ini akan dirilis pada paruh kedua tahun 2023.

Selain iMac baru, Gurman mencatat bahwa Apple sedang bersiap untuk meluncurkan MacBook Air 15 inci baru, MacBook Air 13 inci, dan Mac Pro dengan chip M2 Ultra.

Baca Juga  Cara Mudah Cek Faktur PDAM Online Melalui Shopee

Sebelumnya dikabarkan bahwa Apple akan merilis iPhone 14 Plus dan iPhone 14 dengan warna kuning pada musim semi ini. Musim semi biasanya antara pertengahan Maret dan pertengahan Juni.

Informasi ini dari MacRumors pada Sabtu (3 April 2023), berdasarkan unggahan ke Weibo yang dibagikan oleh blog Jepang Mac Otakara. Namun, kami tidak dapat mengonfirmasi informasi apa pun tentang rilis iPhone 14 kuning yang diharapkan.

Tidak jelas apakah Apple berencana memperkenalkan warna baru untuk iPhone 14 Pro, tetapi warna kuning tampaknya sangat mirip dengan warna emas pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Beberapa sumber mengatakan kepada MacRumors bahwa tim humas Apple berencana mengadakan pengarahan tentang produk Apple minggu depan. Diduga acara ini juga merupakan acara peluncuran iPhone 14 berwarna kuning.

Pasalnya, Apple sebelumnya merilis seri iPhone 13 berwarna hijau pada 8 Maret 2022. Oleh karena itu, pembekalan ini kemungkinan besar terkait dengan pengumuman warna baru iPhone 14.

Apple sering menambahkan warna baru pada iPhone yang dirilis. Presentasi biasanya dilakukan pada musim semi. Penggunaan warna baru merupakan salah satu cara Apple untuk meningkatkan penjualan iPhone yang dirilis tahun itu.

Maret lalu, Apple memperkenalkan warna hijau baru untuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Sementara itu, Apple juga menambahkan Alpine Green ke model iPhone 13 Pro.

Kemudian pada April 2021 Apple juga merilis Ungu untuk iPhone 13 dan iPhone 12 mini. Sedangkan untuk kuning, Apple akhirnya menawarkan opsi kuning dengan iPhone 11 diluncurkan pada 2019 dan iPhone XR pada 2018.