Mahasiswa Tingkat II Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa, Reza Pahlawan yang berasal dari Kabupaten Pangkep ini dengan cekatan merangkai pipa-pipa paralon yang rencananya akan dibuat tempat budidaya sayuran hidroponik. Reza sangat ingin mengembangkan budidaya tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan yang ada di Kampus STPP Gowa.

“Saya sudah mempersiapkan pipa ini sejak beberapa minggu, hari ini saya akan tanam perdana. Ini dilakukan setelah 21 hari melaksanakan praktik kerja lapangan di salah satu perusahaan yang memproduksi sayuran secara hidroponik. Saya sangat termotivasi dengan apa yang saya lihat selama melakukan PKL diperusahaan tersebut dan pemilik perusahaan juga aktif memberikan informasi yang saya butuhkan. Pokoknya saya manfaatkan waktu PKL untuk berguru ilmu hidroponik,” ujar Reza penuh semangat.

Reza, anak penyuluh pertanian di Kabupaten Pangkep ini tertarik dengan sistem hidroponik karena ternyata metode budidaya ini mudah dan praktis. “Seperti yang saya bayangkan sebelumnya, tidak memerlukan banyak biaya dan tenaga kerja, dan sangat cocok digeluti oleh mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, doakan saya semoga panen nanti sesuai dengan harapan saya, saya ingin budidaya tanaman bayam merah,” ujarnya penuh harap.

Sumber Artikel : https://makassar.terkini.id/tertarik-budidaya-hidroponik-mahasiswa-stpp-gowa-langsung-beraksi/