Visi adalah rumusan tentang keadaan dan peranan yang ingin dicapai di masa depan.  Jadi visi mengandung persfektif masa depan yang merupakan pernyataan tentang keadaan dan peranan yang akan dicapai oleh suatu perguruan tinggi.  Visi STPP Gowa mencerminkan keadaan STPP Gowa yang ingin diwujudkan oleh seluruh sivitas akademika dimasa yang akan datang. Rumusan Visi STPP Gowa adalah:

“Menjadi Perguruan Tinggi Fungsional Terdepan di Indonesia Timur”

Makna pernyataan visi “ Menjadi Perguruan Tinggi Fungsional Terdepan di Indonesia Timur ”adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi Perguruan Tinggi Fungsional, hal ini memberikan makna bahwa STPP Gowa adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan jenjang pendidikan vokasi khususnya Rumpun Ilmu Hayat Pertanian (RIHP) khususnya penyuluh pertanian, dan akan terus mengembangkan diri untuk pengembangan program studi diluar fungsional penyuluh pertanian, yaitu pengawas bibit ternak, pengawas benih tanaman, pengawas organisme penganggu tanaman, paramedik veteriner, medik veteriner, pengawas pakan dan pengawas mutu hasil pertanian. STPP Gowa juga diberikan ruang untuk pengembangan diluar fungsional RIHP, contoh pengembangan program studi bidang audio visual sebagai pengembangan media penyuluhan, dan ilmu komunikasi.
  2. Terdepan memberikan makna STPP Gowa terdepan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan fungsional khususnya penyuluhan pertanian dan RIHP lainnya yang meliputi penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian dan  pengabdian  kepada masyarakat serta, tata kelola administrasi, kepegawaian, kemahasiswaan serta hubungannya dengan lingkungan.
  3. Indonesia Timur, pernyataan ini mempertegas eksistensi STPP Gowa berdasarkan zona dan pembagian wilayah kerja yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian, meliputi Indonesia Timur, khususnya wilayah provinsi di pulau Sulawesi.

Misi adalah tugas dan cara kerja pokok yang harus dilaksanakan oleh suatu institusi. Misi menjelaskan alasan keberadaan STPP Gowa di masyarakat. Misi tersebut merupakan penjabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menunjukkan bagaimana STPP Gowa dapat memberikan manfaat bagi sivitas akademika, pegawai, mahasiswa, alumni, pemerintah, pelaku utama, dan pelaku usaha.  Rumusan  Misi STPP Gowa adalah:

  1. Menerapkan sistem pendidikan profesional, produktif, berdayaguna,  dan  akuntabel.
  2. Meningkatkan dan menerapkan hasil penelitian pertanian (teknis, sosial, ekonomi, dan manajemen).
  3. Mengembangkan kerjasama teknis pendidikan antar perguruan tinggi, pemerintah, pelaku utama, dan pelaku usaha tani lainnya.
  4. Meningkatkan pembinaan dan kompetensi sivitas akademika.
  5. Meningkatkan pengelolaan administrasi umum, akademik, kemahasiswaan, dan alumni.    

Makna yang terkandung dalam rumusan misi pertama adalah dalam menyelenggarakan proses pendidikan dengan berdasarkan aturan-aturan, standar operasional dan pengembangan.  Adapun aturan yang dijadikan standar adalah UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidkan Tinggi dan Himpunan Peraturan Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2003,  Peraturan Menteri Pertanian No. 28/2014 tentang Penawaran Tugas belajar di STPP 2014/2015,  Peraturan Kepala Badan PSDMP, Surat Kepala Pusat Pendidikan, Standardisasi dan Sertifikasi Profesi Pertanian (Dikdarkasi) baik yang menyangkut kurikulum, penilaian, dan kemahasiswaan (peraturan terlampir).

STPP Gowa telah membuat standar operasional kinerja sebanyak kurang lebih 195 standar.  Semua pegawai bekerja sesuai standar kinerja yang telah disusun bersama.  Pegawai STPP Gowa dalam bekerja telah menggunakan prinsip terampil, handal dan sangat bertanggungjawab dalam menjalankan profesinya sebagai PNS Kementan.  Pegawai STPP Gowa selalu meningkatkan keahlian dan keterampilan yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai tupoksi.  Pegawai STPP Gowa menyelesaikan seluruh pekerjaan dan tanggungjawab yang diberikan hingga tuntas, tepat waktu, dan berkualitas.

Makna misi kedua, STPP Gowa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan penerapan hasil penelitian.  Dosen STPP Gowa  melaksanakan kegiatan penelitian  dengan  menggunakan prinsip dan  langkah-langkah metode ilmiah. Dosen dan pegawai yang akan melaksanakan penelitian diwajibkan  membuat proposal lalu diseminarkan. Setelah diseminarkan barulah dosen melakukan penelitian di lapangan. Semua kegiatan penelitian didokumentasikan dalam bentuk laporan lengkap. Hasil penelitian  yang telah dilakukan oleh dosen diterapkan ke petani pada saat kegiatan  pengabdian masyarakat dan kegiatan praktik kerja lapang.

Makna misi ketiga, untuk meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat maka STPP Gowa mengadakan kerjasama dan atau kemitraan dengan berbagai lembaga baik perguruan tinggi maupun pihak lain dari dalam maupun luar negeri.  Kerjasama dilakukan dengan azas saling menguntungkan, menghormati, sinergis, memberikan nilai tambah bagi kedua pihak dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Makna  misi keempat,  untuk meningkatkan pembinaan dan kompetensi sivitas akademika dilakukan dengan menggunakan prinsip KKPID yaitu komitmen, keteladanan, profesionalisme, integritas, dan disiplin.

Makna misi ke lima, bahwa pengelolaan administrasi umum, akademik, kemahasiswaan dan alumni dilakukan dengan prinsip pemberian pelayanan prima dan menerapkan nilai 5 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.  Profesionalisme, selalu meningkatkan keahlian dan keterampilan yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai tupoksi. Integritas, selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatan, transparan, dan akuntabel.