Mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Kabupaten Gowa merintis usaha sayuran dengan metode hydrofarm. Mahasiswa STPP Gowa tersebut berjumlah tiga orang. Mereka adalah Muhammad Hairul, Andi Dada Aulia Rahman dan Siska Fatmawati.

Mereka menggagas usaha sayuran hidroponik tersebut karena mereka melihat prospek pasar sayuran hidroponik sangat besar dimana banyak yang meminati produk tesebut. Jenis sayuran yang dikembangkan saat ini adalah sawi pak choy. Produk hidroponik pakchoy tersebut juga banyak di jumpai di supermarket-supermarket yang ada di Makassar dan banyak sekali peminatnya. Bahkan sejumlah supermarket di Makassar berminat untuk produk sayuran kelompok ini.

Perencanaan program sayuran hidroponik tersebut diawali dengan menganalisa usaha yang akan digunakan dalam keguatan usaha nantinya. Dengan modal bekal pengetahuan dari kampus dan bantuan modal yang diberikan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian pelaksanaan usaha tersebut dimulai dari perbaikan greenhouse dan pembuatan instalasi hidroponik.

Muhammad Hairul mengatakan kelompok usaha tersebut didanai oleh Program PWMP.
PWMP adalah salah satu program dari Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pemngembangan SDM Pertanian yang mendorong Mahasiswa menjadi Wirausahaan Muda bidang Pertanian. (*)

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>