SUKABUMI – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membangun peternakan yang berpihak kepada peternak kecil. Salah satunya menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat dari 24% menjadi 12% serta nilai kredit untuk keseluruhan bidang pangan sekitar Rp 30 triliun. Hal tersebut dijelaskan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, pada kunjungan kerjanya meninjau peternakan ayam milik warga di Desa Pulosari, Kecamatan Klapanunggal, Sukabumi, Selasa (6/10).

“Kebijakan tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas,” papar Mentan.

Lebih lanjut Mentan menjelaskan bahwa Kementan telah berupaya mengurangi pasokan ayam dengan melakukan pemusnahan enam juta Grand Parent Stock (ayam indukan), dengan keberadaaan seperti itu diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi dan kestabilan harga di peternak kecil.

Selain itu, Kementan telah mengekspor bibit ayam ke luar negeri seperti Myanmar agar pasokan ayam dalam negeri tidak berlebihan sehingga harga ayam kembali normal dan menguntungkan peternak kecil.

Mentan juga menyampaikan agar manajemen ditingkat peternak kecil agar dapat ditata lebih baik lagi.

“Untuk meningkatkan produksi, lakukan pemeliharaan dengan baik, perhatian peternak harus lebih, efisiensi belanja harus diperhatikan,” pesan Mentan kepada peternak yang hadir.

Mentan juga secara langsung berpesan kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang hadir pada kunjungan kerja tersebut agar peternak mendapatkan pendampingan.

“Ini peternak tolong dibantu akses medapatkan DOC-nya,” ungkap Mentan.

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>