Mahasiswa Tingkat I Penyuluhan Peternakan STPP Gowa melakukan praktik lapang di Peternakan  CV D & Cow Joe Abadi yang terletak di Daerah Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Peternakan milik Johansa ini tergolong sukses dengan usaha penggemukan sapi lokal dan impor. 37 orang mahasiswa yang mengikuti praktik lapang ini  dipimpin oleh Ibu Dr. Mihrani, S.Pt, MP dan Bapak Andy, S.Pt, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Nutrisi dan Makanan Ternak di STPP Gowa.

Menurut Dr. Mihrani, S.Pt, MP, tujuan mahasiswa dibawa berkunjung ke Peternakan adalah untuk melihat secara langsung keberhasilan para peternak dalam mengelola usaha mereka, mahasiswa harus mempunyai motivasi untuk bekal mereka setelah selesai menempuh studi di STPP Gowa. Kami berharap mereka dapat menjalankan usaha-usaha bidang pertanakan didaerah mereka masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga secara langsung melihat bagaimana pengelolaan pakan di peternakan ini.

Mahasiswa ditunjukkan bagaimana proses menyusun ransum ternak dan agar mereka mampu memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan ternak sapi per hari. Sumber bahan pakan yang dipraktekkan berasal dari limbah pertanian dan limbah industri pertanian serta bahan-bahan lokal yang ada dilokasi peternakan. Dalam membuat pakan, harus diusahkan agar kandungan zat makanan di dalamnya sesuai dengan zat-zat makanan yang dibutuhkan ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, untuk pertumbuhan, dan untuk produksi. Namun menurut Andy, S.Pt, M.Si dapat dikatakan bahwa sangat sulit untuk mendapatkan satu jenis bahan pakan yang kandungan zat-zatnya sesuai dengan kebutuhan ternak.

Oleh karena itu, diperlukan kombinasi beberapa jenis bahan pakan untuk disusun menjadi suatu ransum yang seimbang. Dengan melakukan kunjungan lapang seperti ini mahasiswa dapat melihat secara langsung seluruh prosesnya dan memberikan pemahaman bahwa penyusunan Ransum seimbang pada penggemukan sapi dapat menghemat waktu dan biaya dengan pendapatan yang optimal. Demikian juga dengan pengetahuan teknik menyusun ransum yang menggunakan limbah pertanian akan memberikan kemudahan bagi peternak untukmelakukan penggemukan dalam skala ekonomi atau dalam jumlah yang lebih banyak.

 

There are no comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>