Sebanyak 198 calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa dikukuhkan menjadi Mahasiswa STPP Gowa TA 2017/2018 dilahan praktik kebun sawit, Senin, 18 September 2017, Kegiatan pengukuhan tambah meriah karena diisi dengan penampilan tari empat etnis dan paduan suara yang keseluruhan personilnya adalah mahasiswa STPP Gowa. Selain itu lokasi kegiatan diramaikan dengan pameran Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) milik STPP Gowa seperti Traktor, Combine dan Transplanter.

“Kami ingin mengenalkan kepada para mahasiswa baru serta orang tua pendamping tentang mesin-mesin ini. Sehingga asumsi mereka berubah terkait pertanian dan petani,” ujar Ketua STPP Gowa Dr. Syaifuddin. Dulu kata dia, pertanian dan Petani identik dengan kerbau, arit dan pakaian yang kusam. “Kami ingin merubah image tersebut. Saat ini, dengan memakai pakaian rapi kitapun dapat mengolah sawah, menanam padi, dan memanennya.

Ini akan menambah semangat para mahasiswa yang nantinya akan meneruskan profesi orang tuanya sebagai Petani,” kata Syaifuddin. Selain itu, mahasiswa yang didamping orang tua/wali menandatangani Pakta Integritas yang wajib mereka patuhi, berikut isinya : 1. Belajar dengan tekun dan berusaha menghargai serta meningkatkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni 2. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional, nilai moral dan kebenaran ilmiah. 3. Membantu terselenggaranya kegiatan STPP Gowa baik akademik maupun non akademik. 4. Bersikap jujur, disiplin,semangat,berbudi luhur dan bertanggung jawab. 5. Menghindari perbuatan tercela dan asusila. 6. Menjalin suasana hidup kekeluargaan 7. Mematuhi semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di STPP Gowa. 8. Saya bersedia menerima sanksi administrasi dan atau sanksi akademik, jika saya melanggar peraturan dan tata tertib.

Kedelapan poin Pakta Integritas ini ditandatangani oleh seluruh mahasiswa dan disaksikan oleh orang tua mereka dan Ketua STPP Gowa. Setelah penandatanganan mereka diarahkan untuk menyalami orang tua dan mohon doa restu. Sesi ini berjalan hikmat dan dramatis karena hampir seluruh mahasiswa dan orang tua mereka menangis terharu sambil berpelukan.

Sumber Artikel : https://makassar.terkini.id/isi-pakta-integritas-mahasiswa-stpp-gowa-angkatan-2017/