Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa Dr. Ir. Syaifuddin, MP menyerahkan Parang dan Cangkul kepada perwakilan mahasiswa baru pada saat pengukuhan mahasiswa di Kebun Praktik Lahan Sawit, Kampus STPP Gowa, Selasa 19 September 2017. Ini merupakan kali pertama STPP Gowa melaksanakan pengukuhan mahasiswa di area kebun sawit.

“Banyak makna tersirat pada acara ini, kami ingin agar mahasiswa kami paham akan tugasnya nantinya, mereka akan sering berada dialam terbuka, meraka adalah orang lapangan, oleh karena itu pengukuhan mereka juga menggunakan pakaian lapangan, dan saya menyerahkan parang dan cangkul sebagai simbol mereka siap bekerja, siap bantu petani. Ini komitmen awal yang kami bentuk kepada mahasiswa,” ujar Dr. Syaifuddin.

Hal ini dilakukan untuk membentuk karakter agar para mahasiswa benar-benar paham tujuan belajar di STPP Gowa. Mahasiswa adalah calon penyuluh pertanian dan calon wirausahaan muda pertanian, bahkan mereka adalah calon petani modern dan sukses di masa depan. “Oleh karena itu di lokasi pengukuhan kami memanjang beberapa alat mesin pertanian canggih agar mereka sadar bahwa jadi Petani saat ini berbeda dengan Petani jaman dulu. Petani sekarang tidak perlu bajak sawah menggunakan kerbau, tidak perlu menanam manual dan tidak perlu lagi memanen menggunakan arit, semua serba mesin,” tutupnya.

Sumber Artikel : https://makassar.terkini.id/ajak-mahasiswa-siap-kerja-ketua-stpp-gowa-serahkan-parang-dan-cangkul/