Sebanyak 30 anggota TNI dari Rindam VII Wirabuana berkunjung ke Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa, Sabtu (11/3/2017). Kedatangan mereka adalah untuk mempelajari tata cara menanam padi. Kedatangan TNI didampingi Wakil Komandan Rindam VII Wirabuana Kol (Inf) Muhammad Ali dan mereka disambut langsung oleh pimpinan STPP Gowa, yang diwakili, Buhaerah S ST MP sebagai ahli pertanian dan Sudirman SP MP sebagai ahli alsintan untuk mendampingi para tentara.

“Ini bentuk dukungan TNI-AD di bidang pertanian terutama dalam mencapai swasembada pangan khususnya padi di Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Kol Muhammad Ali. Buhaerah mengatakan bahwa salah satu materi yang diberikan adalah tentang pola tanam jajar legowo dan tegel. Dari beberapa pola tanam tersebut juga dijelaskan tentang untung-ruginya serta berapa hasil maksimal yang dihasilkan setiap panennya.

Selain itu, sebagai materi kedua adalah pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan), materi ini diberikan oleh Sudirman. Pada kesempatan tersebut, Sudirman mengajarkan tentang bagaimana menggunakan alat tanam dan alat panen. Selain mempraktekkan langsung cara penggunaannya, Sudirman juga menjelaskan tentang keuntungan dan efisiensi penggunaan alat tersebut.

Ditempat terpisah, Ketua STPP Gowa Dr Ir Syaifuddin MP mengatakan bahwa dengan adanya sinergi ini, swasembada pangan dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebab kita tahu bahwa dengan pengetahuan yang diajarkan ke TNI tentunya dapat diimplementasikan langsung oleh TNI ke Petani dilapangan,” kata Syaifuddin.

“Kenyataannya, sejak Kementerian Pertanian bekerjasama dengab TNI, Petani merasa sangat terbantu. Baik itu mulai dari proses tanam sampai ke proses panen,” lanjutnya.(*)